Melacak Kenangan Manis: Jajanan Kota Lama Tempo Dulu

Kota lama atau bagian dari kota tua di berbagai daerah memiliki daya tarik dan pesona tersendiri dengan warisan budayanya. Salah satu aspek menarik dari kota-kota lama adalah keberadaan jajanan tradisional yang khas dan telah melewati generasi-generasi. Inilah beberapa jajanan yang menjadi bagian dari nostalgia dan kenangan manis di kota lama tempo dulu:

1. Es Campur Es Campur adalah jajanan yang mudah ditemukan di berbagai kota lama di Indonesia. Es ini terdiri dari campuran berbagai bahan seperti potongan buah segar, cincau, kolang-kaling, biji selasih, dan sirup manis. Semuanya dicampur bersama dan disajikan dengan es serut, menciptakan hidangan segar yang cocok dinikmati di tengah teriknya cuaca di kota lama.

2. Kue Serabi Kue Serabi adalah jajanan tradisional yang lazim ditemukan di kota lama di Jawa. Terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula, Serabi dipanggang di atas tungku atau arang hingga matang. Biasanya, kue ini disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair sebagai toppingnya. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat Kue Serabi menjadi favorit di kalangan anak-anak dan orang dewasa.

3. Wedang Ronde Wedang Ronde adalah minuman hangat yang biasanya disajikan di kota lama pada malam hari atau saat musim hujan. Minuman ini terdiri dari bola-bola tepung ketan yang diisi dengan biji kenari dan kacang hijau, lalu direbus dalam kuah jahe yang manis. Wedang Ronde memberikan sensasi hangat dan menghangatkan tubuh di tengah suhu dingin di kota lama.

4. Rujak Pengantin Rujak Pengantin adalah jajanan yang menggabungkan rasa manis, asam, dan pedas dalam satu hidangan. Terdiri dari potongan buah segar seperti mangga, jambu biji, dan nanas yang dicampur dengan bumbu rujak khas, menjadikannya sajian yang menggugah selera. Rujak Pengantin menjadi populer di kalangan masyarakat sebagai camilan sehat dan segar di kota lama.

5. Rote Rote adalah kue kering tradisional dari kota lama di Sumatera Utara. Kue ini terbuat dari campuran tepung ketan, gula merah, dan santan yang kemudian dipanggang hingga matang. Rote memiliki tekstur yang kenyal dengan cita rasa manis dan sedikit gurih dari santan.

6. Ponggol Setan Ponggol Setan adalah jajanan khas Kota Tua, Jakarta, yang menjadi ikon kuliner di masa lalu. Terbuat dari campuran tepung beras dan air, kemudian digoreng hingga berbentuk seperti gelembung atau balon, Ponggol Setan sering diisi dengan gula merah atau kacang hijau. Jajanan ini dulu sering dijajakan oleh para pedagang kaki lima dan menjadi favorit di antara anak-anak kota lama.

Memang, banyak jajanan khas di kota lama tempo dulu yang telah menjadi bagian dari sejarah dan warisan budaya. Menyusuri kembali jajanan-jajanan tersebut membawa kita ke masa lalu yang penuh kenangan dan nostalgia. Meskipun zaman terus berubah, keberadaan jajanan tradisional ini adalah jembatan untuk mengenang dan merayakan masa lalu yang indah.